MASIGNALPHA101

Cara Efektif Mengatasi Browser Google Chrome Lambat

Cara Efektif Mengatasi Browser Google Chrome Lambat
12 August 2019


Mengatasi Browser Google Chrome Lambat

Kalian buka website ini pake browser apa sih ? Firefox, Google Chrome, atau browser lainnya ? Pernah merasa browser kalian berjalan dengan tersendat sendat ? pasti pernah, atau setidaknya browser akan terasa berat saat dioperasikan. Dan yang terburuk adalah

Lalu kenapa prosesnya bisa berjalan jadi lambat ? sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhinya. Berikut kita bahas satu persatu.


1. RAM tidak memadai.
Kenapa RAM bisa menjadi penentu kelancaran proses berjalannya proses laptop atau komputer ? karena hampir semua proses berjalannya sistem operasi akan dibebankan di RAM, ditambah lagi beban yang didapat dari berbagai aplikasi dan layanan yang sedang berjalan. Nah itu akan membuat kinerja browser ikut melambat.

2. Cache browser terlalu banyak.
Apa itu cache ? cache adalah bekas yang tersimpan sementara dan akan hilang sesudah dibersihkan, cache sendiri berasal dari bekas tersebut saat kita membuka suatu website yang punya cookies misalnya, cookies tersebut akan terdapat pada browser kalian dan menjadi cache yang akan membuat suatu website akan lebih cepat dimuat saat diakses kembali. Jumlah cache yang berlebihan bisa membebani kinerja browser.

3. Kapasitas VRAM rendah.
Hampir sama seperti RAM, perbedaannya adalah VRAM adalah memory yang mengurus kinerja grafis. Semua kinerja yang berhubungan dengan grafis akan dimuat dengan VRAM ini. Jadi jika kapasitas VRAM nya rendah akan membuat grafis menjadi lebih berat untuk dimuat.

4. Pemutaran video dengan resolusi terlalu tinggi.
Sebenarnya penyebab ke 4 ini berhubungan erat dengan penyebab no 3. Karena pemutaran video pun juga memanfaatkan VRAM, maka dari itu jika VRAM nya rendah, pemutaran video dengan kualitas atau resolusi tinggi akan sangat berat bagi komputer kalian, terutama pada browser.

5. Google Chrome punya banyak proses yang membebani laptop.
Google Chrome sendiri memang browser dengan kualitas yang bagus, karena banyak plug-in dan extension yang support untuk berbagai informasi yang diakses oleh penggunanya. Namun tentunya alat alat pendukung tersebut membuat proses Google Chrome menjadi berat.
Disini bisa kalian lihat bahwa Google Chrome punya banyak proses yang berjalan.

Lalu bagaimana solusinya ? Berikut ini adalah solusi untuk mengatasi browser yang berjalan lambat, khususnya Google Chrome.

1. Pastikan memiliki RAM diatas 2 GB.
Karena dengan adanya kapasitas RAM yang cukup besar, akan membantu meringankan kecepatan browser saat dioperasikan.

2. Bersihkan cache memory sesudah menggunakan browser.
Caranya cukup mudah pada Google Chrome. Dan untuk browser lain pun cukup mudah.
- Masuk pengaturan atau setelan Google Chrome.

- Telusuri setelan, cari "Cache"

- Pilih Gambar dan File dalam cache, lalu tekan hapus data.
Disitu juga bisa dilihat berapa besar cache yang sudah tersimpan di browser kita.

3. Meningkatkan kapasitas memory.
Memory yang dimaksud disini adalah memory penyimpanan dan juga RAM. Karena tinggi atau rendahnya VRAM bisa diatur dengan adanya tambahan dari memory penyimpanan dan juga memory RAM.

4. Jangan play video dengan resolusi terlalu tinggi.
Jika performa browser kalian memang bisa dibilang jelek atau lamban, usahakan untuk play video dengan resolusi dibawah 720p60. Kenapa ? karena resolusi 720p60 adalah video dengan kualitas yang cukup tinggi. Punya resolusi 720px dan dengan FPS (Frame Per Second) 60, ini adalah performa yang butuh tenaga dan memory yang cukup baik.

5. Download video dan tonton secara offline.
Jika kalian punya laptop yang performa nya rendah, coba hindari menonton video atau film dengan durasi panjang di browser, karena cache dan penggunaan memory nya akan semakin besar. Akibatnya akan memperberat kinerja browser. Jika yang kalian tonton adalah video dari Youtube, kalian bisa baca tutorial " Cara Download Video Dari Youtube ".

6. Tutup Google Chrome dan buka lagi.
Cara ini berguna untuk membersihkan RAM yang penuh terisi yang menyebabkan proses di laptop jadi berat. Kalian bisa bersihkan bekas pemakaian RAM Google Chrome melalui fitur Task Manager. Lalu buka dan jalankan aktivitas di Google Chrome seperti biasanya.

Dengan mempraktikkan cara cara diatas, browser kalian akan menjadi lebih segar dan bisa beroperasi dengan lebih ringan serta cepat.


Mahasiswa Zombie

I try to focus but I always end up distracting myself with doodling during classes.